Kamis, 03 Juni 2010

Perhitungan Rating pada Media Baru

Media baru pada saat ini sangat digandrungi oleh berbagai kalangan. Selain beragamnya informasi yang diberikan, media baru memberikan lebih banyak peluang untuk menjalin relasi hingga taraf internasional. Tidak menampikkan keuntungan yang ditawarkan, berbagai perusahan media massa pun kini mulai memanfaatkan media baru sebagai usaha untuk mengembangkan produksinya.

Pengertian Media Baru
Media baru diartikan sebagai media yang mampu menayangkan konten atau informasi secara interaktif. Audien dapat menanggapi setiap informasi secara langsung (immediate feedback) sehingga para pelaku komunikasi secara aktif mampu berganti peran antara komunikator dan komunikan.
Berikut beberapa kriteria sebuah media dikatakan baru:
 Berbeda dengan media yang ada sebelumnya, baik dari segi bentuk, fungsi maupun cakupanya.
 Interaktif; Audien dapat memberikan tanggapan atau feedback kepada sumber informasi secara langsung
 Continous deadline, cepat, dan memiliki akurasi tinggi
 Dapat mempengaruhi bahkan mengubah perspektif, paradigma dan pola pikir manusia secara global

Rating: Tolak Ukur Kesuksesan Sebuah Media
Rating pada media baru digunakan untuk mengetahui seberapa banyak orang mengakses sebuah halaman website. Tinggi rendahnya rating tersebut kemudian akan berakibat pada besar kecilnya iklan dan promosi. Dengan demikian eksistensi sebuah rumah produksi akan terus bertahan. Sehingga tidaklah mengherankan ketika pengembangan program selanjutnya mulai dari perencanaan sampai produksi dan pemasaran akan sangat dipengaruhi oleh hasil rating yang diperoleh.
.
Untuk melihat tingkat rating sebuah website dapat diketahui dengan mengunakan program yang disebut web statistik. Dari sebuah web statistik ini kemudian akan diketahui siapa dan dari mana orang yang telah mengunjungi halaman web tersebut. Selain itu dengan menggunakan web statistik ini akan diketahui halaman apa yang paling populer dari sebuah situs web tersebut. Beberapa website statistic tool yang sering digunakan adalah:

1. Google Analytics
2. W3counter
3. AWStats
4. StatCounter
5. SiteMeter
6. CrazyEgg
7. MyBlogLog
8. Wordpress Stat
9. Histats
10. Woopra

Istilah yang kemudian sering digunakan dalam web statistik adalah pageviews. Pageviews sering dijadikan sebagai indikator kesuksesan sebuah situs web. Pageviews adalah ukuran jumlah halaman sebuah website yang dibuka pengunjung. Ada banyak alasan mengapa jumlah pageviews dianggap penting. Salah satu alasan tersebut adalah semakin banyaknya peluang monetasi halaman-halaman yang mempunyai page impression yang tinggi

Penghitungan Rating dan Implikasinya
Pihak yang menilai tingkat rating sebuah web anatara lain adalah Alexa Rank dan Google PageRank (PR). Dengan Alexa Rank atau Google PageRank kita dapat mengetahui berapa nilai jual pada sebuah web. Dari peringkat yang dihasilkan inilah kemudian sebuah web dapat menghasilkan pundi-pundi uang.
Pihak Alexa akan menghitung ranking web dengan cara menganalisa trafik jutaan web dari Alexa toolbar yang terpasang dari sumber trafik lainnya. Perhitungannnya adalah dengan mengombinasikan seberapa banyak pengunjung dan pageviews unik pada suatu web selama kurang lebih 3 bulan. Dengan semakin banyak hit dan pageviews pada suatu web, maka akan semakin tinggi peringkatnya. Angka tersebut dapat dilihat dari widget yang dipasang oleh web tersebut.
Satu pageview dihitung jika terdapat satu user yang mengunjungi sebuah halaman. Apabila sebuah user yang sama menjadi pengunjung lebih dari sekali, maka akan tetap dihitung satu pageview. Kemudian setiap periode tertentu akan dihitung berapa rata-rata pengunjung dan pageviews yang ada.
Pebedaan rangking oleh Alexa dan Google PageRank terletak pada skala peringkatnya. Hasil peringkat Alexa akan menilai angka 100 lebih baik daripada 1000. Sedangkan Google PageRank angkanya hanya berkisar 1 sampai 10 dan angka yang lebih besar itulah yang dinilai lebih baik.
Manfaat yang diperoleh dari fasiitas Alexa Rank atau Google PR adalah sebagai dasar untuk menilai seberapa tinggi harga link sebuah web atau blog. Semakin tinggi Ranking Alexa pada sebuah web atau blog maka semakin tinggi pula bargaining power link. Dari sinilah pundi- pundi uang akan mengalir.



Referensi

Bahan kuliah jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada 2009/2010
Effendy, Onong Uchjana. 1981. Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung: Penerbit Alumni.
http://www.google.com/intl/id/analytics/
http://www.newmedia.web.id/2008/10/aplikasi-web-20-mendukung-media-baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar