Selasa, 17 Agustus 2010

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER T.A 2009/2010

Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakkultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Gadjah Mada


Mata Kuliah : Teori Komuniikasi (Kelas B)
Dosen : Syafrizal, S.IP
Sistem Ujian : Tertutup
Waktu : 90 menit (07.15-18,45 WIB)

Petunjuk pengertian:
1.Materi ujian ini terdiri dari 3 (tiga) kategori penilaian: pengetahuan, pemahaman dan analisis.
2.Untuk soal kategori satu, tulis huruf opsi yang menjadi pilihan Anda dalam lembar jawaban.
3.Untuk soal kategori dua, tulis jawaban singkat dan tepat tanpa harus memberikan eksplorasi lanjutan.
4.Untuk kategori tiga, tulis jawaban Anda secara komprehensif dan argumentatif. Apabila Anda menggunakan referensi buku atau sumber lain sebagai acuan jawaban, sertakan kutipan dengan tata cara yang benar.

Penilaian:
1.Untuk kategori satu dan masing-masing jawaban benar diberi nilai 5.
2.Untuk kategori dua, masing-masing jawaban yang benar diberi nilai 10.
3.Untuk kategori tiga, masing-masing jawaban diberi nilai antara 15.

Kategori 1: Aspek pengetahuan (knowledge) > Total nilai maks: 25

1.Berikut ini adalah ide kunci dalam tradisi sosiopsikologis teori komunikasi, kecuali:
a.Persuasi
b.Efek pesan
c.Perubahan perilaku
d.Pemaknaan pesan
e.Adopsi

2.Merujuk pada pemikiran Frank Dance, pendefinisian ”komunikasi” sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan dapat diposisikan dalam dimensi:
a.Level of observation
b.Intentionality
c.Normative jugment
d.Elaboration
e.Message processing

3.Pernyataan filosofis: ”bagaimana ilmu pengetahuan dikembangkan?” adalah contoh bentuk pertanyaan:
a.Ontologi
b.Epistemologi
c.Metodologi
d.Aksiologi
e.Etimologi

4.Salah satu elemen kunci dalam konseptualisasi komunikasi sebagai proses simbolik adalah ”simbol”. Konsep ini memiliki makna:
a.Stimulus yang merujuk pada realitas
b.Relasi antartanda
c.Stimulus yang merujuk pada arbritari
d.Tafsir yang tervisualisasikan
e.Gambaran situasi

5.Accomodation theory-sebagai bagian dari teori produksi pesan-berasumsi bahwa setiap komunikator memiliki kecenderungan untuk mengakomodasi setiap lawan bicaranya, tindakan ini disebut:
a.Konvergensi
b.Divergensi
c.Tindakan mutual
d.Tindakan non-mutual
e.Penetrasi kolektifS


Kategori 2: aspek pemahaman (comprehention) > Total nilai maks: 30
6.Sebutkan ciri-ciri teori komunikasi dalam perspektif Barat (Western perspectif)!
7.Paparkan fungsi komunikasi dalam kelompok menurut Functional Theory!
8.Petakan aspek-aspek yang menjadi objek kajian dalam inti teori komunikasi: struktur pesan!


Kategori 3: Aspek analitik (analytic) > Total nilai maks: 45
9.Blumler dan Katz dalam The uses of mass communications: Current perspectives on gratifications research (1974) memaparkan asumsi dasar Uses and Gratification Theory:
Uses and gratification theory suggests that media user play an active role in choosing and using media. Users take an active part in the communication process and are goal oriented in their media use. The theorist say that a media user seeks out a media source that best fulfills the needs of the user. Uses and gratifications assume that the user has alternative choices to satisfy their need.
Merujuk pada kutipan di atas, coba anda petakan interpretasi metateori teori tersebut!

10.Menurut John Fiske, komunikasi sebagai proses dapat dibedakan dalam dua perspektif, yaitu komunikasi sebagai transmisi dan transaksi. Merujuk pada pemikiran ini, coba anda analisis praktek komunikasi yang dilakukan Komjen. Susno Duadji ketika bersumpah di hadapan Pansus Century dengan menggunakan perspektif transaksi!

11.Coba anda analisis dan petakan perbedaan motivasi orang menggunakan Facebook dalam tradisi fenomenologis dan kritis!



UNIVERSITAS GADJAH MADA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

UJIAN MID SEMESTER II 2009-2010

Mata Kuliah : KOMUNIKASI MASSA A/B
Hari/Tanggal : Selasa/13 April 2010
Waktu : 90 menit
Dosen : Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A./Nyarwi SIP, M.Si
Sistem : Tertutup

Petunjuk:
1.Nilai maksimal yang dapat Anda peroleh adalah 100, masing-masing soal memiliki nilai 20.
2.Pergunakan referensi atau bahan pustaka yang relevan disesuaikan dengan kaidah akademis yang berlaku.
3.Pengumpulan dilakukan pada waktu ujian mid-semester berlangsung (sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan oleh fakultas) dengan menandatangani daftar presensi.
4.Mahasiswa hanya wajib menjawab tiga soal wajib dan dua soal pilihan yang ada di bawah ini dengan jelas.

Soal Wajib:
1.Jelaskan pengertian komunikasi massa Thompson, 1994, DeFleur & Dennis, 1988, Dominick, 2002 dan Janowitz seperti dikutip McQuail, 2000! Apa saja perbedaannya dengan komunikasi dengan massa? Jelaskan secara analitis dan berikan contoh bentuk aktivitas komunikasi massa dan komunikasi dengan massa!
2.Bagaimana karakteristik komunikasi menurut Thompson, 1994 dan menurut Dominic, 2002? Jelaskan pula lima tahap proses komunikasi massa menurut DeFleur & Dennis, 1988.
3.Kronologi komunikasi manusia meliputi empat hal: a) Era komunikasi tulisan (4000 BC-kini); b) Era komunikasi cetakan (1456-kini); c) Era telekomunikasi (1844-kini); dan d) Era komunikasi interaktif (1946-kini). Jelaskan karakteristik dari keempat era tersebut! Jelaskan pula apa implikasi dari masing-masing kronologi komunikasi manusia keempat era tersebut!
4.Menurut Hallin dan Mancini, 2004, terdapat tiga model Sistem Media, yaitu Model Pluralis, Model Korporatis Demokratis dan Model Liberal. Jelaskan perbedaan ketiga jenis sistem media tersebut ditinjau dari aspek: a) Industri Surat kabar; b) Paralelisme Politik; c) Profesionalisasi dan d) Peranan Negara dalam sistem media!
5.Apakah yang dimaksud dengan gatekeeper dalam proses komunikasi massa? Bagaimana gatekeeper tersebut bekerja dalam komunikasi massa? Kelaskan pula contoh kerja gatekeeper dalam proses komunikasi massa di Indonesia!

Soal Pilihan
6.Infrastruktur teknis merupakan salah satu prasyarat penting bagi proses komunikasi massa. Jelaskan apa yang dimaksud dengan infrastruktur teknis dalam proses komunikasi massa! Bagaimana keadaan atau situasi infrastruktur teknis masing-masing media di Indonesia?
7.Apa yang dimaksud dengan komunikator profesional? Apa syarat komunikator profesional? Bagaimana proses kerja penyaringan berita yang dilakukan oleh wartawan?
8.Media cetak di Indonesia sudah masuk pada tahap terspesialisasi. Mengapa? Apakah tahap ini terjadi pada seluruh populasi atau hanya terjadi pada kelompok tertentu. Mengapa demikian?




Mata Kuliah : Sistem Sosial dan Sistem Politik Indonesia
Pengampu : Drs. Widodo A. Setianto, M.si
Jurusan/prodi : S-1 Ilmu Komunikasi/A + B
Hari/tanggal : Selasa, 20 April 2010
Waktu : 120 menit
Sistem : Terbuka

Jelaskan pokok-pokok pikiran dari:
1.Teori stratifikasi sosial fungsional Kingsley Davis dan Wilbert Moore.
2.Teori Fungsional struktural Talcot Parson dan Robert K. Merton.
3.Teori Neo Fungsionalisme Jefry Alexander dan Paul Colomy.
4.Teori Konflik Ralph Dahrendorf.

Semakin lengkap dan sistematis bahasannya, maka akan semakin baik buat Anda.



MATA KULIAH : KOMUNIKASI PEMASARAN
DOSEN : DRS. WIDODO AGUS SETIANTO, M.Si
JURUSAN/PRODI : S-1 ILMU KOMUNIKASI (A+B+C)
HARI/TANGGAL : SENIN, 19 APRIL 2010
ALOKASI WAKTU : 100 MENIT
SIFAT UJIAN : TERTUTUP

Soal :
1.Komunikasi diyakini sebagai faktor yang sangat esensial dalam menentukan keberhasilan kegiatan pemasaran.
(1)Jelaskan hubungan antara komunikasi dan pemasaran!
(2)Jelaskan pentingnya kegiatan komunikasi dalam pemasaran!

2.Kegiatan pemasaran besar-besaran yang dilakukan di Amerika pada sekitar tahun 1920-an telah berhasil menaikkan tingkat konsumsi masyarakat dan mendorong standar apresiasi kehidupan material masyarakat.
(1)Jelaskan pengertian pemasaran, bauran pemasaran dan manajer pemasaran!
(2)Jelaskan akibat-akibat sosial yang terjadi seiring dengan keberhasilan pemasaran besar-besaran yang telah dilakukan!

3.Keberhasilan sebuah perusahaan dalam merengkuh pasar adalah dengan penyerahan produk yang sesuai dan dapat memenuhi dan atau memuaskan kebutuhan/keinginan konsumennya.
(1)Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan keinginan!
(2)Jelaskan pengertian produ, product kining dan product bunding!

4.Agar tercipta suatu marketing influence dalam kegiatan pemasaran maka produsen senantiasa harus bersikap consumer oriented.
(1)Jelaskan apa yang dimaksud dengan sikap consumer oriented dan apa hubungannnya dengan konsep pemasaran!
(2)Jelaskan apa yang dimaksud dengan diferensiasi produk dan marketing myopia!

5.Salah satu situasi yang memungkinkan bagi diterapkannya konsep produksi pada kegiatan pemasaran adalah pada saat permintaan terhadap produk melebihi persediaan. Ini merupakan logika yang tidak umum, mengingat di tengah-tengah tingginya permintaan dan terjadinya kelangkaan produk seharusnya harga justru meningkat. Dalam konsep produksi, situasi yang semacam ini justru diupayakan sedemikian rupa agar harga tetap stabil.
(1)Jelaskan dengan pengetahuan saudara mengenai fenomena dalam konsep produksi ini!
(2)Jelaskan apa yang membedakan antara konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan dan konsep pemasaran!

Soal MID SEMSETER
-Komunikasi Antarmanusia: Soal Lisan, menyebutkan kata kunci dari konsep yang telah dipelajari.
-Kewarganegaraan : Soal dikumpulkan.
-Metode Penelitian Sosial : Membuat proposal penelitian.
-Sejarah Ilmu Komunikasi dan Media : Take home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar