Selasa, 17 Agustus 2010

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER T.A 2009/2010

Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakkultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Gadjah Mada


Mata Kuliah : Sistem Sosial Politik
Dosen : Dodi Ambardi / Gilang Parahita
Tanggal : Selasa, 15 Juni 2010
Sifat : Tertutup




Bagian I.
Jelaskan arti atau definisi dari konsep-konsep berikut beserta konteks penggunaannya dalam analisis politik. Pilih empat saja dari lima konsep tersebut:
1.Electoral treshhold
2.Vote of no confidence
3.Electoral System (Sistem pemilihan)
4.Daerah pemilihan/dapil
5.Fusion of power
(nilai maksimal untuk setiap jawaban 10 poin, total 40 poin)


Bagian II: Esai
Pilih dan jawab dua saja dari tiga soal esai berikut:
1.Demokrasi tidak cocok untuk diterapkan di Indonesia karena demokrasi adalah produk negara-negara Barat. Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini? Jika ya, mengapa? Dan jika tidak setuju, apa alasannya dan apa bukti empiriknya? Jangan lupa, untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus menjelaskan apa yang dimaksud dengan demokrasi terlebih dahulu.

2.Sistem presidensial lebih cocok untuk diterapkan di Indonesia, Anda setuju dengan pernyataan ini? Mengapa setuju atau tidak setuju? Apa tujuan yang hendak Anda raih dengan menerima atau menolak sistem itu? Berikan alasan dan bukti empiriknya. Sebelum memberikan argumen, berikan pengertian dan ciri pokok sistem presidensial.

3.Kampanye terbuka yang berlangsung selama satu bulan sebelum pemilu tidak akan mempengaruhi pilihan politik seseorang. Anda setuju dengan pernyataan ini? Dalam memberikan jawaban (ya atau tidak), berikan alasan atau argumen yang logis dan berikan contoh empirik untuk mendukung argumen itu.
(nilai maksimal untuk setiap jawaban 30 poin, total menjawab dua pernyataan 60 poin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar